Biar Disenangi di Tempat Kerja

Tempat kita bekerja baik kantor, lapangan, atau pun yang lainnya merupakan rumah kedua bagi kita. Supaya kita nyaman tinggal di rumah (tempat kerja), tentu saja kita perlu memiliki hubungan yang baik dengan rekan kerja. Nah, masalahnya banyak sekali diantara kita yang gagal menjalin hubungan tersebut atau memiliki masalah dalam menjalin hubungan baik tersebut. Yang ujung-ujungnya mereka merasa tidak nyaman ditempat kerja mereka.

Saya secara pribadi banyak menyaksikan hal tersebut ditempat saya bekerja, banyak yang ‘gugur’ hanya karena mereka tidak bisa menyesuaikan diri dan menarik/ menjalin hubungan yang baik dengan rekan kerja baik dalam satu divisi maupun dengan divisi yang lain.

Saya memiliki beberapa catatan yang saya buat untuk mengatasi masalah tersebut, dengan tujuan agar kita bisa menjalin hubungan baik dengan rekan kerja dan disenangi dalam pergaulan di dunia kerja.

  1. Rapih, kerapihan seseorang mencerminkan pribadi orang tersebut. Kerapihan merupakan satu hal yang penting didunia kerja, selain masuk penilaian HRD juga membuat nyaman orang yang berada disekitar kita. Satu hal yang perlu diingat adalah bahwa semua orang akan suka kepada orang yang senang merawat diri/ rapi.
  2. Biasa-biasa saja, jangan over-acting. Banyak orang yang ill-feel terhadap orang berlebihan baik dalam bersikap, dandan, atau apapun. Orang akan jauh lebih menghargai orang yang biasa-biasa saja dalam bersikap.
  3. Menjaga Sopan Santun, hal ini sangat penting. Karena orang akan nyaman berada didekat kita jika kita mampu menjaga sikap dan tatakrama (kesopanan). Perlakukan orang lain dengan baik, dan dengan sikap yang santun. Jangan ‘calutak’ (tidak sopan, penulis) kepada orang lain. Terlebih kepada orang yang lebih tua atau senior.
  4. Memberi perhatian, perhatian yang diberikan orang kepada kita akan terasa sangat menyenangkan. Demikian pula yang orang lain rasakan jika kita memberikan perhatian kepada mereka. Perhatian yang diberikan bisa menanyakan tentang keluarga, tentang kebiasaan, tentang hobby atau apapun. Salah satu tujuan dari memberi perhatian adalah menjalin keakraban.
  5. Loyal, sikap loyal (setia) bukan hanya diperlukan pada perusahaaan atau pasangan tapi juga diperlukan dalam pertemanan/ persahabatan. Sikap loyal bisa berupa sikap tidak menusuk dari belakang, tidak mencelanya atau tindakan apa pun yang dianggap bisa merusak hubungan pertemanan.
  6. Empati, sikap empati merupakan hal yang cukup penting dalam pergaulan. Menempatkan diri seandaikan kita berada dalam posisi mereka saat mereka mendapat cobaan, teguran atau peringatan merupakan hal yang terkait dengan empati tersebut. Salah satu bentuk empati yang bisa berikan adalah dengan memberikan motivasi atau menghiburnya saat teman kita berada dalam posisi yang terpuruk.

Illustrasi "Team Work"

Enam hal diatas saya anggap dapat mewakili berbagai hal dalam rangka menjalin hubungan yang baik dengan rekan kerja sehingga kita bisa disenangi oleh rekan-rekan kerja kita. Satu hal yang tidak boleh dilupakan didunia kerja kita biasanya selalu bekerja berdasarkan team (team-work), Sebuah team akan kokoh jika anggota team bisa menjalin hubungan yang baik antar anggota team.(dni/cnj).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s