Sikap Paranoid Sang Presiden

Pidato Presiden

Kabar terpanas seputar kasus korupsi saat ini adalah adanya statement dari seorang kepala negara (Bapak Susilo Bambang Yudhoyono).  Statement tersebut pada intinya menyatakan bahwa pada peringatan Hari Korupsi Sedunia yang jatuh pada tanggal 09 Desember dan akan diperingati secara

Dari statement yang disampaikan oleh Presiden saya menangkap akan adanya sikap ketakutan pada diri Presiden bahwa pada aksi massa yang cukup besar tersebut akan terjadi kerusuhan dan kekacauan (chaos), banyak pula kalangan yang menyatakan bahwa Presiden terlalu paranoid akan demo tersebut dan memberikan iformsi yang menyesatkan dan menimbulkan keresahan ditengah-tengah masyarakat.

Presiden pun menyatakan bahwa dirinya memiliki data lengkap tentang motif, apa dan siapa yang menjadi ‘penumpang gelap’ dalam aksi demo yang akan digelar esok hari (09/12/2009). Tentu saja pernyataan ini langsung menjadi fokus pemberitaan dan pemburuan berita oleh para wartawan. Dalam beberapa hari pasca Presiden mengeluarkan statement tersebut hampir semua media massa mengupas tentang pernyataan tersebut.

Jangan Terlalu Paranoid

Bagi saya secara pribadi pernyataan Presiden ini tentu saja tidak salah, karena semua orang berhak untuk mengungkapkan apapun terlebih menurut Presiden memiliki data yang akurat dan lengkap. Namun, pernyataan/ statement tersebut akan menjadi salah ketika dalam penyampaiannya tidak melihat keadaan dan cenderung ambigu (multi tafsir). Pernyataan Presiden yang menyatakan bahwa akan ada gerakan sosial  yang ditunggangi oleh motif politik, tentu saja menurut saya salah. Karena hal tersebut akan menambah panas eskalasi politik yang sudah ada.

Menurut Menkopolhukam, pernyataan tersebut merupakan peringatan dari Presiden bahwa jangan sampai nantinya aksi tersebut berubah dari aksi simpatik menjadi brutal dan tak terkendali karena mengerahkan banyak massa, sehingga bisa keluar dari essensi yang sebenarnya dari aksi tersebut yaitu memperingati Hari Anti Korupsi Sedunia.

Menurut saya, jika memang Presiden ingin menyampaikan pesan tersebut alangkah bijaknya jika beliau langsung berbicara tentang hal tersebut tanpa bertele-tele sehingga menimbulkan banyak perdebatan dan opini seperti sekarang yang ujung-ujungnya menimbulkan rasa was-was.

Yang saya baca dari beberapa artikel dan tulisan-tulisan yang mengupas tentang statement Presiden tersebut, banyak kalangan menilai Presiden terlalu paranoid, terlalu ketakutan dan terlalu panik. Presiden dinilai terlalu mendramatisir permasalahan dan menempatkan diri sebagai pihak yang teraniaya atau tersakiti. Presiden pun sepertinya takut kekuasaan yang baru direngkuhnya kembali akan direbut paksa oleh aksi tersebut (impeachment).

Bukan Yang Pertama

Pernyataan Presiden yang menimbulkan banyak kontroversi dan menimbulkan banyak opini miring bukan terjadi kali ini saja, namun sudah berkali-kali. Seorang Presiden tentu saja tidak semestinya mengakatan atau menyampaikan sesuatu yang dapat menimbulkan keresahan dan kontroversi, bukankah lebih baik Presiden menenangkan suasana bukan memperkeruhnya???

Saya sebagai masyarakat awam menilai pernyataan-pernyataan Presiden yang banyak menimbulkan keresahan dan polemik tersebut sangatlah tidak etis, menurut saya Presiden lebih baik menahan diri dari ucapan-ucapannya yang ‘sakti’ tersebut. Jangan lagi terjadi hal seperti itu, tidak baik rasanya masyarakat terus disuguhi dengan sikap yang sedemikian, masyarakat akan jauh lebih senang diberi tahu tentang rencana-rencana strategis pembangunan.

Memposisikan diri sebagai pihak yang tertindas dan tersakiti bukan waktunya lagi, jika dulu waktu kampanye hal tersebut berhasil mendongkrak perolehan suara. Saat ini hal yang akan diapresiasi dan akan jauh dihargai masyarakat adalah prestasi kerja, karena saat ini bukan lagi saatnya ‘cengeng’ sekarang saatnya bangun untuk membangun!.(dni/cnj).

One thought on “Sikap Paranoid Sang Presiden

  1. Edang Setiawan says:

    Payah, kog didemo aza takut,,,,jangan terlalu parno lah…make it easy.
    jangan buat situasi tambah panas…
    toh tak terbukti semuanya lancar2 saja.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s