Aksi Memperingati Hari Anti Korupsi

Hari ini Rabu 09 Desember 2009 rencananya aksi demonstrasi memperingati Hari Anti Korupsi Sedunia akan digelar. Di Jakarta sampai semalam sudah tercatat 10 elemen/ organisasi massa yang menyerahkan surat pemberitahuan akan digelarnya demo besar-besaran tersebut. Menurut beberapa orang ‘pentolan’ aksi tersebut diperkirakan aksi tersebut akan dihadiri oleh kurang lebih 100.000 (seratus ribu) massa. Sungguh jumlah yang sangat besar jika benar peserta aksi tersebut benar-benar dihadiri oleh semua yang diperkirakan hadir.

Jumlah angka yang besar inilah yang mengganggu pikiran Bapak Susilo Bambang Yudhoyono karena dikhawatirkan dengan jumlah massa yang sangat besar tersebut diperkirakan akan sangat sulit untuk menguasai keadaan dan mengontrol emosi para demonstran.

Pengamanan Polisi

Pengamanan Aksi Demonstrasi (vivanews.com)

Sebagaimana kita maklumi bahwa setiap aksi demonstrasi atau aksi massa harus selalu dikawal oleh aparat kepolisian, begitu juga dalam aksi memperingati Hari Anti Korupsi Sedunia ini, ribuan anggota kepolisian diturunkan untuk menjaga dan mengawal aksi tersebut. Banyak kalangan yang mengkahawatirkan justru dengan kehadiran polisi tersebut akan memancing emosi para demonstran.

Karena selain polisi yang berseragam tentunya juga pihak kepolisian akan menurunkan anggotanya yang tidak beseragam (polisi berpakaian preman). Inilah yang sangat dikhawatirkan oleh para demonstran. Ada baiknya  ketika melakukan pengamanan dan pengawalan aksi polisi tidak dilengkapi dengan senjata api, cukup dibekali oleh alat-alat pengamanan yang standar saja seperti ‘pentungan’ karena jika dibekali senjata api takutnya ketika ada sedikit gesekan akan terjadi sikap refresif dari aparat.

Prabowo, JK, Megawati dan Wiranto Lebih Baik Tidak Hadir

Empat tokoh ini merupakan lawan Presiden Indonesia yang sekarang ketika memperebutkan kursi di Istana, menurut saya secara pribadi ada baiknya mereka tidak hadir karena kehadiran mereka akan banyak menimbulkan polemik baru sekaligus menimbulkan persepsi yang miring. Mengingat telah adanya pidato/ statement dari Presiden tentang akan adanya ‘penumpang gelap’ dalam aksi tersebut yang bermotif politik.

Jika mereka hadir tentu saja yang menjadi tersangka dari pernyataan Presiden tersebut adalah keempat tokoh tersebut, dan inilah sasaran empuk bagi media untuk menjadi bahan pemberitaan (termasuk saya). Namun yang jelas kehadiran empat tokoh tersebut menurut saya dapat menambah polemik dan perang opini yang tidak berkesudahan.

Serentak di Seluruh Indonesia

Peringatan Hari Anti Korupsi Sedunia kali ini di Indonesia akan diperingati secara massal dan serentak diseluruh tanah air, banyak elemen masyarakat yang akan berpartisipasi seperti Ormas dan Mahasiswa. Aksi ini tentu saja tidak bisa dipandang sebelah mata, diperlukan kesiapan pengamanan dari aparat kepolisian dan kesiapan yang matang dari pihak  kepolisian.

Kesiapan yang matang disini, selain peralatan juga mental para polisi. Ini penting, jangan sampai polisi tidak siap secara mental sehingga mereka terpancing emosi oleh sikap para demonstran yang cenderung anarkis. Dengan demikian, aksi anarkis dapat diredam dan aksi masif yang dikhawatirkan oleh Presiden tidak akan terkadi.

Essensi dari Aksi

Dalam setiap aksi demonstrasi saya melihat para peserta demonstrasi sering lupa tentang apa maksud dan tujuan mereka melakukan aksi tersebut, inilah sesungguhnya yang sering menyebabkan terjdinya demonstarsi yang berujung kerusuhan.

Para demonstran sering lupa akan essensi dari demo tersebut, bahkan ada orang yang ikut demo tanpa tahu maksud dan tujuan dari aksi tersebut. Mereka hanya ikut-ikutan saja, rame-ramean saja, ini tentu saja tidak baik. Alangkah baiknya ketika sebelum berdemo pimpinan aksi melakukan briefing terlebih dahulu sehingga aksi yang akan digelar benar-benar efektif dan tidak berujung ricuh. (dni/cnj).

One thought on “Aksi Memperingati Hari Anti Korupsi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s