Pemilihan Ketua Pansus Hak Angket Bank Century akhirnya semalam (Jum’at, 04/12/2009) selesai dilaksanakan, dan menetapkan Idrus Marham sebagai Ketua Pansus Hak Angket Bank Century menyisihkan Gayus Lumbuun dengan perolehan sebanyak 19 suara. Sedangkan Gayus Lumbuun hanya mendapat 7 suara, pesaing lainnya yaitu Mahfudz Shiddiq mendapat 3 suara dan Yahya Sacawiria memperoleh 1 suara saja.

Dengan demikian, prediksi awal bahwa pimpinan/ Ketua Pansus Hak Angket Bank Century akan dipegang oleh partai pendukung pemerintah terbukti.  Dan mengalahkan fraksi dari partai oposisi yaitu PDI-P sebagai penggagas hak angket tersebut. Untuk Mengetahui peta kekuatan hak angket tersebut, tidak ada salahnya kita melihat komposisi keanggotaan

Berikut komposisi Anggota Pansus Hak Angket Bank Century yang saya ambil dari harian Tribun Jabar:

  1. Fraksi Partai Demokrat 8 Orang
  2. Fraksi Parati Golkar 6 Orang
  3. Fraksi PDI-P 5 Orang
  4. Fraksi PKS 3 Orang
  5. Fraksi PPP 2 Orang
  6. Fraksi PKB 2 Orang
  7. Fraksi PAN 2 Orang
  8. Fraksi Gerindra 1 Orang
  9. Fraksi Hanura 1 Orang.

Semoga dengan telah terpilihnya Ketua Pansus Hak Angket Bank Century, permasalahan dan skandal yang diduga melibatkan beberapa pejabat teras tersebut segera terpecahkan. Dan saya secara pribadi berharap tidak terjadi politisasi masalah kejahatan perbankan ini, karena saya yakin jika ini terjadi maka permasalahan yang ada akan bertambah runyam.(dni/cnj).

Sumber : www.OkeZone.com & Harian Tribun Jabar

Advertisements