Etika ICT

Kata orang sekarang kita tengah berada di zaman ICT, dan era digital. Era digital sesungguhnya banyak membantu kita dan mempermudah dalam segala hal. Salah satu keuntungan yang paling banyak dirasakan dari pesatnya perkembangan dunia Informasi dan telekomunikasi adalah mempersempit jarak dan waktu, dengan mempermudah kita untuk berkmunikasi.

Nah, dengan semakin mudahnya dan murahnya teknologo ICT untuk diakses banyak orang lose control dalam menggunakan teknologi ini hingga mereka kebablasan. Sesungguhnya dalam memggunakan hal apapun dalam kehidupan ini ada aturan dan etika yang layak dan harus dipatuhi, termasuk dalam penggunaan ICT. Saya sebagai salah seorang yang sering berkomunikasi dan menggunakan teknologi ICT ini merasa perlu untuk menuliskan beberapa etika dan batasan-batasan yang harus diperhatikan dalam penggunaan

  1. Pengguna ICT wajib menjungjung tinggi Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI) sebagaimana telah diatur dalam perundang-undangan. Sebagai contoh adalah menuliskan sumber bacaan/ referensi yang digunakan untuk membuat tulisan tersebut.
  2. Tidak dibenarkan menggunakan user name/ user ID orang lain dan Passwordnya tanpa sepengetahuan pemilik resminya.
  3. Tidak merusak sistem orang lain dengan cara apapun
  4. Jangan memberitahukan password dan Username/ User ID anda kepada orang lain, karena itu sangat berbahaya.
  5. Tidak diperkenankan melakukan hal-hal yang melanggar hukum dan norma-norma yang berlaku dimasyarakat.
  6. Bersikap sopan dan tidak mengeluarkan kalimat cacian/ kata-kata kasar kepada orang lain, meskipun kita kenal atau tidakk berhadapan langsung dengan orang tersebut.
  7. Gunakan seperlunya dan hanya untuk hal-hal yang bermanfaat saja.
  8. Jika anda menuliskan pesan/ message kepada orang lain, jangan sekali-kali menuliskan hal-hal yang dapat menyinggung perasaan orang lain. Karena bisa saja pesan tersebut diteruskan atau di forward oleh si penerima kepada orang lain/ orang yang bersangkutan. Anda tentu masih ingat dengan Kasus Prita M, yang terjerat hukum hanya gara-gara menulis curahan hatinya melalui e-mail.

Itu mungkin beberapa etika dalam menggunakan ICT yang berhubungan dengan orang lain, kita perlu ingat bahwa semua hal dimuka bumi ini selalu memiliki 2 (dua) sisi, yaitu sisi kbaik dan buruknya. Demikian pula dengan ICT, akan menjadi sangat baik dan bermanfaat jika kita menggunakannya dengan baik dan sebaliknya.

Semoga kita bisa lebih bijak dan arif dalam menggunakan teknologi ICT yang semakin pesat berkembang, sehingga kita bisa terus berkarya, berkreasi dan berkomunikasi melalui dunia ICT.

Semoga Bermanfaat.

4 thoughts on “Etika ICT

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s