Tips Mencegah Jerawat

Jerawat, merupakan sesuatu yang sangat ditakuti oleh banyak orang terlebih para Anak Baru Gede karena dapat mengganggu menampilan. jerawat yang sangat mengganggu adalah jerawat yang timbul disekitar wajah kita. Sebagaimana kita maklumi bahwa wajah merupakan pesona pertama bagi kesan orang lain terhadap kita.

Yang lebih menyiksa lagi, jerawat sering muncul pada masa pubertas. Masa dimana kita sedang mulai merasakan getar-getar cinta. Hmmmm…tentu saja jerawat akan sedikit mengganggu kita, mengurangi rasa percaya diri (pede kita) untuk mendekati gebetan kita. Nah, biar kita ga mengalami krisis kepercayaan diri akibat dari si jerawat tersebut, saya memiliki beberapa tips yang semoga membantu untuk mencegah munculnya ‘si monster’ kecil

  1. Mencuci Wajah Minimal 2 Kali di Siang Hari, mencuci wajah disiang hari akan membantu menghilangkan minyak dipermukaan kulit wajah kita. Karena kulit yang berminyak akan mudah ditempeli oleh debu/ kotoran lainnya, maka bakteri penyebab jerawat akan tumbuh dengan subur diwajah kita.

Satu hal yang perlu diperhatikan jangan sekali-kali menggosok wajah anda secara berlebihan karena selain merusak elastisitas kulit terluar juga dapat meningkatkan produksi minyak pada wajah kiya, selain tidak dianjurkan menggosok wajah secara berlebihan sabun yang digunakan pun harus sabun yang lembut.

Bagi anda pemeluk agama islam/ muslim mencuci wajah 2 kali pada siang hari sudah menjadi kewajiban, karena mencuci wajah merupakan bagian dari aktivitas Wudlu, sebelum melaksanakan Sholat.

  1. Menyesuaikan Kosmetik dengan jenis kulit anda, ini sangat penting. Karena ternyata banyak orang yang pada awalnya tidak berjerawat menjadi berjerawat akibat kesalahan dalam memilih kosmetik. Untuk itu alangkah baiknya, sebelum anda memutuskan memakai kosmetik, anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter.
  2. Keringkan wajah dengan kain/ handuk yang halus dan bersih setelah mencuci muka atau mandi.
  3. Gunakan pelembab, ini akan membantu menyehatkan kulit kita, terutama bagi anda yang memiliki jenis kulit kering. Ingat, pelembab disini bukanlah kosmetik yang berminyak. Karena kosmetik yang berminyak akan menjadi masalah baru bagi anda, akan memudahkan debu dan kotoran menempel, dan membuat bakteri nyaman bertumbuh sehingga memancing timbulnya jerawat.
  4. Cuci muka sebelum tidur, tujuannya supaya kulit bisa beregenerasi dengan baik selama kita beristirahat.
  5. Minum air putih, air diperlukan tubuh kita kurang lebih 2 liter perharinya. selain untuk memperlancar metabolisme air juga akan membuat kulit kita sehat, fit dan kencang.
  6. Tidur yang cukup dan teratur, Kulit juga sama seperti kita, butuh istirahat. Jadi biasakanlah untuk tidur yang cukup dan teratur. Karena saat kita tidur, kulit akan beregenerasi dan membuang racun2 yang berbahaya sehingga saat kita bangun keesokan harinya kulit kita akan kebali segar.
  7. Konsumsi sayur dan buah, sayur2an mengandung banyak vitamin yang menyehatkan kulit kita. Perbanyaklah makan sayur atau buah, terutama yang mengandung vitamin E. Dengan kulit yang sehat, maka jerawat akan sukar untuk tumbuh dan berkembang.

Semoga bermanfaat, dan selamat mencoba. Tips ini hanyalah saran tambahan dari saya, yang terpenting adalah membiasakan pola hidup sehat.

Dari Berbagai Sumber

2 thoughts on “Tips Mencegah Jerawat

  1. Pingback: Pembuatan Jalan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s