Dalam setiap program pembangunan disetiap daerah hal pertama yang diperhatikan adalah infrastruktur dari daerah tersebut, sebuah daerah seberapapun besarnya potensi yang dimilikinya tidak akan berarti apa-apa tanpa didukung oleh infrastruktur yang memadai. infrastruktur yang dimaksud disini adalah jalan yang memadai dan” layak pakai”. Hal inilah yang sangat disadari oleh masyarakat Desa Mandalamekar, Mengingat sangat besarnya potensi yang dimiliki oleh Desa Mandalamekar ini.

Desa Mandalamekar merupakan salah satu desa terpencil di Kabupaten Tasikmalaya – Jawa Barat tepatnya berada di Kecamatan Jatiwaras, Desa Mandalamekar sampai saat ini belum memiliki jalan yang memadai untuk mobilitas warga dan keperluan lainnya. Satu-satunya jalan utama tercepat menuju Desa ini dalam keadaan yang memprihatinkan seperti “susukan

Untuk itu, masyarakat Desa ini secara bergotong royong membangun jalan alternatif baru untuk mempermudah mobilitas warga, yaitu jalur Rahong- Barangbang- Ciwarak. Untuk dana, dana yang dipakai dalam pembuatan jalan alternatif tersebut adalah dengan memanfaatkan dana PNPM dari pemerintah. Setiap hari warga bergantian bergotong royong dalam menyelesaikan jalan ini, setiap harinya 8 orang warga melakukan kerja bakti, sedangkan pada hari Kamis seluruh warga diwajibkan datang untuk bekerja bakti.

Pembangunan jalan alternatif ini ditargetkan selesai pada akhir tahun 2009, sehingga pada tahun 2010 jalan alternatif ini sudah benar-benar siap untuk digunakan. Selain untuk mempermudah mobilitas warga setempat, pembuatan jalan alternatif ini juga ditujukan untuk menunjang beberapa program Desa Mandalamekar. Salah satunya adalah untuk menjadikan Desa Mandalamekar salah satu tujuan wisata alam dan outbond di Kabupaten Tasikmalaya. Udara yang sejuk dan pemandangan yang masih asri serta hamparan sawah yang membentang merupakan salah satu ciri khas

Perlu diketahui, Desa Mandalamekar memiliki banyak potensi dalam hal pariwisata seperti Objek Wisata Curug (air terjun, penulis) Cinunjang, Curug Sawer, Curug Amoh, Gua Santri, Karang Soak, Gua Ciganasoli, Wisata Agro Seperti Pasir Salam, Pasir Bentang dan Pasir Badak. Selain objek wisata yang diunggulkan di Desa ini adalah Program Reboisasi yang berkelanjutan dan berkesinambungan.

Dengan besarnya potensi dan banyaknya program yang diusung, untuk mencapainya tentu saja diperlukan dukungan infrastruktur yang memadai. Jika harus jujur Desa Mandalamekar sudah beberapa kali bahkan mungkin ratusan kali mengajukan proposal untuk pembangunan jalan protokol namun sampai saat ini belum ada tanggapan. Hingga akhirnya warga berinisiatif membuat jalan alternatif sendiri.

Untuk lebih jelasnya tentang program dan berita update klik disini.

Advertisements