Tangisan Bayi Baru Lahir

Banyak diantara kita bertanya-tanya, kenapa bayi yang baru dilahirkan hampir semuanya menangis, tidak tertawa apalagi tertawa terbahak. Secara logika orang awam seperti saya menangis adalah tanda kesedihan, adapun menangis tanda bahagia biasanya tidak sampai mengeluarkan suara yang terlalu berisik. Sebaliknya tanda kebahagiaan salah satunya adalah dengan tersenyum bahkan tertawa.

Kata orang, tangisan bayi merupakan tanda kebahagiaan sang bayi yang telah bisa keluar dari rahim ibu dan resmi menjadi penduduk bumi.

Ada juga yang menyatakan bahwa tangisan bayi merupakan tanda perjuangan hidup yang akan dimulai tidaklah gampang, kadang harus diwarnai dengan tangisan. Apapun pendapat, filosofi, analogi atau perumpamaan yang disandingkan untuk tangisan bayi ini, sesungguhnnya ada penjelasan ilmiah dan lebih logis tentang hal ini.

  1. Tangisan bayi merupakan indikator atau pemberitahu kepada ibu dan seluruh yang hadir dan menantikan kelahiran bahwa sang bayi telah lahir kedunia ini dengan selamat.
  2. Sarana komunikasi sang bayi dengan lingkungan barunya, hal ini dikarenakan sang bayi belum bisa berkomunikasi secara verbal (bahasa), sehingga tangisan itulah satu-satunya alat atau sarana berkomunikasi sang bayi.
  3. Tangis bayi membantu membuka sirkulasi untuk mengirim oksigen melalui paru-paru. Karena selama berada didalam rahim janin/ bayi berada dilingkungan yang penuh dengan air dan ketika bayi tersebut lahir, saat itulah pertama kali ia mengambil nafas melalui perubahan peredaran darah.
  4. Dengan menagis bayi berusaha melakukan gerakan-gerakan, sehingga menangis pada dasarnya dapat membantu aktivitas sang bayi untuk pertama kalinya.
  5. Tangisan bayi dapat merangsang dan mampu mengatur aktivitas otak sang ibu terutama yang berkaitan dengan pengaturan emosi. Hal ini dapat kita lihat, ketika bayi menangis untuk pertama kalinya sang ibu pasti akan tersenyum menyambut riang kelahiran sang bayi.

Dengan demikian, sudah selayaknya kita bergembira ketika mendengar bayi yang baru lahir menangis, karena secara tidak langsung bayi mencoba berkomunikasi dengan kita, memberitahu tentang kehadirannya, dan juga pastinya akan membahagiakan orang disekitarnya.

Saya tak dapat bayangkan bagaimana paniknya kita jika ketika seorang bayi lahir suara yang pertama keluar dari mulutnya adalah suara tawa.(dari berbagai sumber).

3 thoughts on “Tangisan Bayi Baru Lahir

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s