Merawat Laptop

Seiring terus berkembangnya teknologi, kebutuhan hidup manusia, secara selaras dan seiringan keduanya berkembang dengan sangat dinamis. Hal ini banyak sekali menggeser nilai-nilai dalam kehidupan kita, jika dulu ketika saya masih duduk di bangku sekolah, komputer desktop atau PC merupakan barang mewah terlebih komputer jinjing atau lebih dikenal dengan nama laptop dan notebook.

Saat ini laptop atau notebook sudah tidak lagi termasuk kedalam golongan barang-barang mewah, bahkan sudah hampir menjadi kebutuhan pokok bagi sebagian orang. Dengan mudah kita bisa memiliki laptop tersebut, tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam. Semua bisa dikondisikan sesuai dengan kemampuan financial kita. Tergantung kita mau pilih yang branded atau rekondisi/ kanibal. Semua keputusan ada ditangan anda.

Mengopersikan laptop tidaklah berbeda dengan mengoperasikan PC atau desktop hanya saja laptop pada dasarnya memrlukan perawatan yang lebih jika dibandingkan dengan PC atau desktop. Banyak sekali orang yang hanya bisa mengoperasikan laptop atau notebook tanpa mengerti bagaimana cara merawatnya. Nah, berikut ini saya bahas sedikit tentang beberapa cara perwatan laptop atau notebook:

1. Hindari benda mengandung medan magnet

Benda-benda yang mengandung medan magnet atau elektromagnetik kuat jangan sekali-kali didekatkan dengan laptop anda, karena benda-benda yang mengandung elektromagnetik/ medan magnet dapat merusak piranti keras seperti hard disk (data-data) laptop anda. Termasuk telepon selular ada baiknya jangan terlalu didekatkan dengan laptop anda. Jaga jarak aman jika anda hendak menggunakan telepon selular anda sebagai modem untuk browsing internet.

2. Cara menyimpan laptop

Menyimpan laptop memang tidaklah jauh berbeda caranya dengan cara menyimpan benda-benda elektronik lainnya. Seperti simpan ditempat yang kering, dan tidak lembab. Satu hal yang teramat penting adalah jika anda hendak menyimpan laptop atau notebook anda dalamm jangka waktu yang cukup lama, disarankan agar baterainya dilepas. Ini dilakukan untuk mencegah korosi pada baterai laptop anda.

Dan jika anda hendak menggunakannya kembali, anda tinggal memasang batrerai dab charge hingga penuh lalu kosongkan sampai benar-benarr kosong. Ini untuk mencegah terjadinya nge-drop-nya baterai laptop anda.

3. Perawatan case

Case merupakan bagian terluar dari laptop atau notebook anda, case laptop biasanya akan cepat memudar warnanya jika terkena oleh minyak, dari itu sebisa mungkin hindarkan tangan yang berminyak dari menyentuh case laptop atau notebook anda.

Jika sudah terlanjur tersentuh, untuk membersihkannnya anda cukup menggunakan deterjen nonzat alkalin dicampur air untuk membersihkannya. Selain itu bisa juga menggunakan pembersih khusus alat-alat elektronik, biasanya berupa cairan/ busa.

4. Membersihkan keyboard

Keyboard merupakan piranti laptop yang sangat gampang sekali kotor, baik karena debu, abu rokok, atau minyak. Untuk melindungi keyboard anda ada baiknya anda menggunakan pelindung keyboard untuk mencegah masuknya kotoran-kotoran yang tidak diinginkan.

Jika keyboard kita kotor dan sudah menumpuk biasanya dapat menyebabkan sirkuit yang didalam menjadi kuang sensitive. Untuk membersihkannya anda dapat menggunakan vacuum cleaner portable khusus pembersih keyboard laptop.

5. Jauhkan dari panas matahari

Jangan sekali-kali anda meninggalkan laptop anda didalam ruangan yang terkena terik matahari dengan ventilasi yang kurang, seperti pada mobil. Karena panas matahri yang berlebihan dapat merusak komponen-komponen pada laptop anda. Dan dapat menyebabkan ledakan.

6. Membersihkan monitor/ LCD laptop.


Membersihkan LCD (Liquid Crystal Display) tidak bisa sembarangan. Salah-salah bukan LCD kita yang bersih namun, malah jadi belang atau rusak. Untuk membersihkan LCD anda bisa menggunakan cairan khusus untuk pembersih LCD. Dan yang perlu diingat adalah jangan langsung menyemprotkan cairan pembersih ke LCD, gunakanlah kain halus sebagai media. Dan bersihkan secara searah.

Selamat Mencoba….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s