Kebahagiaan

Bahagia, kata ini sudah sangat akrab sekali dikehidupan kita sehari-hari. Jika kita ditanya tentang apa yang kita cari, sering kita menjawab entah sadar atau tidak yang kita cari adalah kebahagiaan. Kebahagiaan menjadi sesuatu yang paling dan sangat dicari oleh semua mahluk yang bernama manusia dalam kehidupannya.

Kebahagiaan

Sudah Bahagiakah Anda Saat Ini?

Jika memang yang kita cari dalam kehidupan adalah kebahagiaan/ rasa bahagia pertanyaan berikutnya adalah, sudah bahagiakah anda saat ini? jawabannya saya yakin akan sangat beragam. Ada yang bilang ‘saya sudah bahagia dengan hidup saya saat ini’, ada juga yang bilsng ‘saya belum bahagia dengan keadaan saya saat ini, masih banyak yang belum tercapai’ dan jawaban-jawaban lainnya yang pastinya akan sangat beragam.

Apa Ukuran Kebahagiaan?

Jika jawaban orang tentang kebahagiaan sangat beragam, berarti kebahagiaan adalah sesuatu  yang relatif dan tidak mutlak. Saya bisa bahagia jika saya sudah memiliki sebuah mobil yang sederhana saja, sedangkan orang lain belum tentu bahagia seperti saya jika ia sama memiliki apa yang saya miliki. Dari sini kita dapat ketahui bahwa ternyata kebahagiaan merupakan sesuatu yang tidak bisa diukur.

Kenapa demikian? Jawabannya sangat sederhana dalam pemahaman saya kebahagiaan merupakan sebuah rasa, rasa (sense) yang dimiliki seseorang sehingga antara seseorang dengan orang lain akan memiliki rasa atau pemikiran yang berbeda tentang  kebahagiaan, dan apa yang dapat membahagiakannya. Bagi saya rasa tidak memiliki ukuran baku atau mutlak, bagi saya masakan ibu saya sangatlah enak rasanya tak ada tandingannya walaupun dibandingkan dengan masakan chief yang terkenal kelas dunia sekalipun.

Mungkin bagi anda masakan istri anda, ibu anda atau masakan warung sebelahlah yang rasanya paling nikmat dan sesuai dengan selera anda. Sekali rasa adalah sesuatu yang sangat relatif dan tidak bisa diukur.

Dimana Kebahagiaan Berada?

Banyak orang yang rela mengeluarkan uang dalam jumlah yang tidak sedikit untuk mendapatkan kebahagiaan itu. Berkeliling dunia, memanjakan diri, bahkan bagi sebagian orang mencari kebahagiaan dilakukan dengan cara yang sesungguhnya menyiksa seperti mabuk, nyabu, nyimeng dan cara-cara lain.

Sebagian orang telah kehabisan seluruh daya dan upayanya untuk mendapatkan kebahagiaan tersebut. Lalu dimana kebahagiaan itu berada???

Kebahagiaan sesungguhnya ada disekitar kita, bahkan sangat dekat dengan diri kita. Tinggal bagaimana cara kita menemukannya, kebahagiaan adalah rasa tidak akan pernah kurang maupun lebih. Dari itu kebahagiaan itu sesungguhnya berada di dalam diri kita. Jika anda ingin menemukan kebahagiaan, anda tidak perlu keliling dunia atau nyimeng, atau nyabu, anda cukup bersyukur!. That’s it. Hanya itu, bersyukur.

Banyak sekali orang yang secara materi sangat berlimpah, tidak ada sedikit pun kekurangan dari segi materi. Namun kita sering dengar bahwa mereka tidak bahagia dalam hidupnya, mereka tidak bisa menikmati kekayaannya tersebut. jika kita telisik penyebab ketidak bahagiaan tersebut biasanya berasal dari kurangnya bersyukur mereka bahkan cenderung jadi sombong.

Disisi lain ada orang yang secara materi bisa dibilang minim, namun mereka menikmati hidup mereka, mereka bahagia. Mereka sangat mensyukuri apa yang mereka miliki sekarang. Ya, mereka bersyukur!. Saat anda bersyukur berarti bisa menerima dengan lapang apa yang anda miliki saat ini, secara tidak langsung anda sudah merasa bahagia dengan apa yang sudah anda punyai saat ini. Saya dapat mengatakan bahwa kekayaan atau materi tidak memiliki hubungan yang terlalu erat dengan kebahagiaan, karena ternyata orang kaya belum tentu bahagia dengan kekayaannya, begitu pula orang miskin belum tentu tidak bahagia dengan apa yang ia punyai saat ini.

Jenis-jenis Kebahagiaan

Jika kita mau mengkalsifikasikan kebahagiaan, pada intinya kebahagiaan terdiri dari 2 macam yaitu kebahagiaan lahir dan kebahagiaan bathin. Kebahagiaan lahir akan kita dapat jika kita sudah mendapatkan kebahagiaan bathin, dan kebahagiaan bathin hanya akan kita dapat jika kita pandai bersyukur.

Sudahkah Anda bersyukur Hari ini???

Have a nice day…..

Deni Suryana.

3 thoughts on “Kebahagiaan

  1. Gede Linggih says:

    Kebahagiaan sejati ada saat kita mampu berbagi dan mensyukuri apa yang kita miliki sekarang…
    kebahagiaan merupakan rasa yang susah untuk diungkapkan dengan kata.

  2. Kamu_Flash... says:

    Bahagia,suka,duka,tangis,sedih,tawa,canda,ceria,merupakan bagian dari hidup.g bisa kita hindari dan ga bisa kita rencanakan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s