Dalam perbincangan hangat dengan teman-teman kantor tak sengaja kita membahas masalah ketuhanan, masalah yang sering terlupakan ditengah-tengah padatnya pekerjaan dan seabrek target yang disodorkan.

Allah SWT

Tuhan, apa sih Tuhan itu? Siapa Tuhan itu? Lalu apa bedanya dengan Allah SWT bagi Umat Muslim??? Banyak yang tidak bisa menjelaskan hal ini. Sebenarnya konsep dan jawabannya sangatlah simple.

Saya mencoba membuat sebuah contoh sederhana untuk menjawab pertanyaan tersebut. Bagi saya Tuhan adalah sebuah jabatan tertinggi yang ada diseluruh jagat raya ini, jabatan yang hanya bisa dipegang oleh 1 (satu) dzat saja, tidak akan tergantikan dan tidak mungkin untuk digantikan. Jabatan yang jauh lebih tinggi dari seorang Presiden, lebih tinggi dari jabatan seorang Raja, lebih tinggi dari jabatan seorang Kaisar.

Jika dalam susunan sebuah kenegaraan ada yang disebut Pembantu Presiden atau Menteri, nah Tuhan pun dibantu oleh para pembantunya yang disebut Malaikat.

Lalu apa bedanya Tuhan dengan Allah SWT bagi orang muslim? Sebagaimana disebutkan diatas bahwa Tuhan adalah sebuah jabatan, maka Allah SWT adalah nama pemangku jabatan tersebut. Bagi umat muslim ini sudah jelas disebutkan dalam sebuah kalimat yang disebut dua kalimah syahadat yang terjemahan sebagai berikut :

“Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Allah SWT, dan aku bersaksi bahwa Nabi Muhammad adalah Utusan Allah SWT”.

Dari sini jelas disebutkan bahwa bagi seorang muslim yang namanya Tuhan hanyalah Allah SWT. Sekaligus hal ini membuktikan bahwa sesungguhnya Tuhan adalah sebuah jabatan dan Allah SWT adalah sebagai pemegang jabatan tersebut.

Advertisements