Merawat Telepon Selular

Pertama kali telepon selular hadir meramaikan dunia komunikasi dan menggeser alat kominukasi yang paling canggih saat itu yaitu pager, kehadiran telepon selular sanggup mengalahkan pasar pager yang sedang menjadi trend saat itu. Ini dikarenakan pager hanya memilki satu fungsi yaitu menerima pesan. Sedangkan telepon selular hadir dengan gebrakan teknologi baru yaitu bisa menjadi alat komunikasi suara dan tulisan (pesan singkat/ SMS).

Kelebihan lain yang ditawarkan adalah kita bisa melakukan komunikasi verbal dimanapun, kapanpun, dan oleh siapapun. Inilah salah satu faktor telepon selular begitu booming.

Saat itu tentu saja telepon selular hanya bisa dimiliki oleh orang-orang berkelas, kelas atas atau kaum borjuis. Saat itu telepon selular merupakan barang mewah, Namun saat ini telepon selular sudah merambah semua kalangan. Dan tidak lagu menjadi barang mewah, bahkan sudah hampir menjadi barang/ kebutuhan primer bagi sebagian orang.

Permasalahannya sekarang adalah bahwa tidak banyak orang yang tahu bagaimana cara merawat sebuah telepon selular biar awet dan tahan lama. Berikut saya berikan beberapa cara sederhana perawatan telepon selular yang saya dapat dari beberapa artikel dan pengalaman pribadi :

  1. Aktifkan aplikasi pengamanan telepon selular anda, biasanya tiap-tiap pabrikan telepon sudah menyediakan fasilitas ini didalam fiturnya. Tinggal kita menggunakannya. Pengaktifan kode keamanan atau yang lebih akrab disebut PIN (Personal Identification Number) ini sering orang abaikan dengan berbagai alasan, seperti takut lupa, kurang praktis dan alasan lainnya. Kegunaan PIN salah satunya adalah untuk mencegah keisengan tangan-tangan jail yang mengutak-atik telepon selular kita.
  2. Catat IMEI (International Mobile Equipment Identity) telepon selular anda, ini penting karena nomor IMEI pada telepon selular merupakan identitas dari telepon selular itu sendiri. Jika terjadi pencurian kita bisa memblokir telepon selular kita supaya tidak dapat digunakan oleh si pencuri, kita pun bisa mengetahui keberadaan telepon selular kita dengan cara melapor ke operator. Selain itu IMEI juga dapat dijadikan alat pendeteksi kerusakan dari telepon selular tersebut.
  3. Keypad lock atau kunci papan tombol harus selalu diaktifkan jika telepon selular kita tidak sedang digunakan, fungsinya untuk menghindari kita menekan tombol/ nomor telepon yang tidak kita rencanakan.
  4. Gunakan kain yang halus dan lembut untuk membersihkan telepon selular yang kotor. Jangan gunakan baha-bahan kimia/ cairan lain untuk membersihkan telepon selular anda, karena bisa merusak.
  5. Selalu lindungi telepon selular anda baik dengan soft case maupun casing plastik. Gunanya agar jika telepon ada jatuh, akan terlindungi atau ada yang melindunginya dari benturan. Disamping itu, kegunaan lain dari pelindung ini adalah untik menghindari masuknya debu, kotoran dan juga mencegah goresan-goresan yang tidak diinginkan.
  6. Charge telepon selular anda saat kosong, dan segera cabut charger nya jika sudah penuh. Ini akan memperpanjang umur baterai telepon selular anda. Karena jika kita meng-charge saat baterai masih ada dan mencabutnya sebelum benar-benar penuh biasanya baterai telepon selular akan cepat rusak (nge-drop).
  7. Jika tersiram/ terkena air, segera cabut/ lepaskan baterai telepon selular anda dan keringkan. Jemur pada sinar matahari sampai benar-benar kering. Jangan sekali-kali menghidupkan telepon selular yang masing ada airnya, karena ini akan merusak telepon selular anda dan menyebabkan konsleting pada baterai telepon selular anda.
  8. Jika baterai telepon selular anda rusak, gantilah dengan baterai asli. Jangan pake baterai abal-abal. Karena biasanya baterai asli akan lebih tahan lama jika dibandingkan dengan baterai abal-abal.

Semoga bermanfaat.

4 thoughts on “Merawat Telepon Selular

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s