Mamaksimalkan Kerja Otak

Apa yang terlintas dalam pikiran anda saat mendengar kata kerja otak??? Lalu sudah maksimalkah kerja otak anda??? Lalu bagaimana cara memaksimalkannya???

Otak

Kerja otak erat hubungannya dengan daya pikir kita, intelegensia kita, dan problem/ trouble solving kita. Saat ini banyak sekali produk makanan/ minuman (suplemen) yang menawarkan produk dengan ‘iming-iming’ bisa memaksimalkan kerja otak kita, terutama produk-produk untuk bayi seperti susu.

Benarkah makanan/ minuman bisa memaksimalkan kerja otak??? Saya rasa dan saya pikir itu tidak cukup. Karena suplemen hanya bersifat tambahan, tetap saja yang memiliki peran paling besar adalah kita sendiri dan perilaku kita. Lalu bagaimana cara memaksimalkannya???

Berikut adalah cara meningkatkan/ memaksimalkan kinerja otak kita yang didapat dari beberapa sumber, baik majalah, tabloid, maupun internet.

  • Timing (menentukan waktu yang tepat untuk berpikir/ belajar)

Hal ini sangat penting karena waktu sangat berhubungan dengan kinerja otak, biasanya banyak orang berkeyakinan bahwa pada pagi hari merupakan waktu yang sangat tepat untuk belajar. Hal ini dikarenakan pada pagi hari otak kita benar-benar fresh. sehingga masih sangat baik untuk mencerna berbagai masukan (ilmu/pembelajaran).

  • Makanan Tambahan

Ini berkaitan dengan suplemen yang saya singgung tadi sedikit diatas, agar otak kita bisa bekerja dengan lebih baik dan maksimal ada beberapa kandungan gizi pada makanan yang sangat dianjurkan untuk di konsumsi, seperti Omega 3 dan Anti-Oksidan. Karena berdasarkan beberapa ahli, kandungan makanan tersebut dapat membantu kita memaksimalkan kinerja otak.

  • Berlatih dengan tekun

Ada sebuah pepatah yang memiliki hubungan ini yaitu : ‘bisa karena terbiasa’, ya betul bisa karena terbiasa! Kita tidak akan bisa membuat apapun tanpa ada latihan yang rutin dan tekun. Terlebih untuk pelajaran-pelajaran hitungan (exact) seperti matematika dan fisika. Tanpa latihan yang tekun kita tidak akan pernah mahir.

  • Membuat Ide-ide baru

Kenapa ide?? Ide yang bagus akan muncul jika kita rajin untuk belajar. Tanpa belajar atau membaca ide kita akan mentok dan tidak akan berkembang.

  • Membaca

Banyak fakta yang menunjukkan bahwa dengan kita rajin membaca otak kita akan jauh lebih encer, wawasan kita akan terbuka lebar. Perintah membaca merupakan ayat pertama di wahyukan oleh Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW. Karena memang membaca merupakan sebuah kegiatan yang akan sangat membuka paradigma berpikir kita, bukankah dengan membaca kita sudah membuka jendela ilmu pengetahuan dan dunia???

  • Mencari banyak pengalaman

Ada ungkapan seorang sahabat yang sangat menggelitik pikiran saya tentang pengalaman ini, beliau bilang ‘dimana-mana pelajaran terbaik itu didapat dari pengalaman, bukan dari sekolah’. Benar, pengalaman adalah guru yang terbaik bagi kita!

  • Membuat bank informasi di otak kita

Ya, membuat bank informasi di otak kita. Caranya sangat simple yaitu dengan cara membaca dan menyaksikan acara-acara yang informatif membangun bukan gosip atau roompi.

  • Pemilihan profesi dan pasangan hidup

Banyak penelitian yang menyatakan bahwa jika kita menikahi atau berpasangan dengan seseorang yang cerdas atau kreatif akan membantu mengolah otak kita dengan rangsangan yang terus menerus, sehingga kerja otak kita akan maksimal. Dari itu jangan asal ya kalo pilih pasangan atau profesi.

  • Mendengarkan musik klasik

Menurut beberapa ahli bahwa dengan mendengarkan musik klasik otak kita akan teransang untuk bekerja dengan maksimal.

  • Berolahraga

Ada pepatah dalam tubuh yang kuat terdapat jiwa yang sehat, tentu saja yang dimaksud jiwa disini salah satunya adalah otak. Dengan rajin berolahraga jasmani kita akan sehat, dan secara otomatis hal ini akan mempengaruhi kerja otak.

  • Fokus/ konsentrasi

Dalam banyak hal konsentrasi san fokus sangatlah diperlukan, fokus atau tidaknya kita akan sangat dipengaruhi oleh kinerja otak kita. Jika saja kita mampu untu selalu fokus maka kerja otak kitapun bisa maksimal.

  • Mencoba hal-hal baru

Ini kaitannya dengan penyegaran kembali/ refresh, karena dengan membuat atau mencoba hal baru kita akan terpacu untuk berpikir dan berpikir.

  • Membuat jembatan Informasi

Jika kita menadaptkan informasi baru, selalu usahakan untuk membuat kaitannya dengan informasi yang baru, ini berhubungan dengan bank informasi di otak kita.

(dari Berbagai Sumber)

2 thoughts on “Mamaksimalkan Kerja Otak

  1. Furqon says:

    Mantap!!!satu lagi yang terlewat, yaitu dengan menulis…menulis akan merangsang kita untuk berpikir secara sistematis…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s