Seputar Kemenangan SBY – Boediono

Kemenangan SBY merupakan sebuah fenomena yang cukup menarik untuk diamati, kemenangannya merupakan kemenangan absolut. Dimana lebih dari 50% suara pemilih memilih beliau. Ini tentu bukan kemenangan yang begitu saja didapat. Selain karena rakyat Indonesia masih menginginkannya melanjutkan program-programnya juga karena kerja keras team sukses dan mitra koalisinya.

SBY

Beberapa hal yang menarik tentang kemenangan SBY :

  1. Kebanyakan Rakyat Indonesia (Bangsa Indonesia) puas dengan kinerja pemerintahan selama 5 tahun terakhir yang dipimpin oleh SBY, meski katanya kebanyakan program-program yang pro-rakyat merupakan hasil pemikiran JK, seperti konversi minyak tanah ke Gas, Raskin, PNPM dan program-program lainnya. Saya berpikir bahwa rakyat kita sudah pintar untuk memilih dan memilah mana dan siapa yang benar-benar bekerja. Rakyat kita sudah pintar!!!
  2. Kepribadian SBY yang unggul (image yang kuat), bangsa kita merupakan bangsa yang sangat memperhatikan sikap, perialku, dan kepribadian seseorang. SBY dianggap sebagai kandidat yang memiliki kepribadian unggul, ramah, tutur bahasanya baik dan tidak sombong. Selain itu positioning beliau yang menempatkan diri sebagai pihak “yang tersakiti” oleh lawan politiknya turut menambah simpati pemilih/ konstituennya.
  3. Strategi kampanye dan program-program yang logis, ini penting. Kenapa?? Karena SBY saat kampanye beliau tidak muluk-muluk mengumbar janji pertumbuhan ekonomi maupun yang lainnya, beliau berbicara/ berkampanye disesuaikan dengan prediksi-prediksi yang ‘pahit’ tentang masa depan. Berbeda dengan kandidat lain yang berani pasang target yang dianggap terlalu mengada-ada dan tidak realistis.
  4. Keraguan pemilih akan program-program yang dianggap ‘ngelantur’, kita perhatikan saja kampanye pasangan lain yang kampanye di TPA, atau di Monumen Kemerdekaan atau cara lainnya untuk menarik simpati dianggap masyarakat sebagai akal-akal semata. Karena sesungguhnya program pemerintahan yang baik bukanlah yang melakukan kampanye atau sosialisasi di tempat-tempat demikian, namun proram yang mengena dan sudah dirasakan. Kebanyakan program dari lawan SBY dianggap masyarakat terlalu manis (angin syurga : kata SBY), dan sepertinya agak sulit untuk diraih atau direalisasikan.
  5. Track Record SBY yang dianggap bersih, saya rasa diantara semua manatan jendral yang ikut bertarung dalam panggung kompetisi PILPRES 2009 hanya SBY yang memiliki track record paling bersih. Prabowo, dianggap sebagai dalang dari penculikan para aktivis, Wiranto, dianggap sebagai Penjahat Kemanusiaan dalam kasus penembakan pendemo. Meski keduanya beruasaha meyakinkan bahwa mereka tidak terlibat toh, image sudah terlanjur terbentuk dimasyarakat.
  6. Solidnya team kampanye, tentu saja semua uraian diatas tidak akan ada artinya jika saja team sukses SBY tidak kompak dan asal-asalan dalam  meraih suara. Manajemen kampanye yang terapkan sangat rapi dan sangat teroganisir.
  7. Faktor Budiono, kita tak dapat melepaskan beliau dari salah satu faktor kemenangan SBY. Meski beliau dituding sebagai antek neolib toh itu tidak menyurutkan dukungan terhadap pasangan ini. Selain karena pribadinya yang kalem, santun dan ‘bertangan dingin’ juga karena lawan-lawan politik beliau tidak dapat dengan konkrit menerangkan apa yang dimaksud dengan neolib. Semua hanya wacana, lagi-lagi wacana. Dan situasi ini sangat menguntungkan pasangan ini.
  8. Komunikasi politik yang baik, hal ini berkaitan erat dengan kampanye dan team sukses. Komunikasi yang dijalin terhadap konstituen sangat intens dilakukan. Dengan demikian akan menimbulkan loyalitas yang cukup tinggi terhadap partai. Sehingga apa kata pemimpin itulah yang dilakukan.

Dan hari ini tanggal 20 Oktober 2009, pasangan SBY Budiono resmi dilantik sebagai Presiden dan Wakil Presiden RI periode 2009-2014, saya ucapkan selamat untuk itu. Selamat berjuang dan LANJUTKAN!!!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s