Bau Badan

Kebiasaan kecil & sepele yang kita lakukan sehari-hari ternyata dapat menimbulkan aroma tak sedap di sekujur tubuh. Aroma tidak sedap ini tentu saja akan sangat mengganggu dalam kehidupan pergaulan kita sehari-hari. Aroma badan yang tidak sedap baik bau keringat maupun bau mulut tentu akan sangat mengganggu, dan pastinya orang sekitar kita akan merasa tidak nyaman untuk berdekatan dan berinteraksi dengan kita. Berikut beberapa hal yang dapat menimbulkan bau (aroma) yang kurang sedap di tubuh kita.

1. Mengunyah permen karet.

Mengunyah permen karet merupakan salah satu kebiasaan yang dapat menimbulkan aroma kurang sedap bagi mulut kita. Kebanyakan orang beranggapan bahwa dengan mengunyah permen karet dapat menetralisir bau mulut.

Permen karet dengan pemanis rendah kalori merupakan zat yang susah dicerna, permen ini bisa menimbulkan gas di usus kita, sehingga akan menimbulkan bau atau aroma kurang sedap di mulut kita.

Cara menaggulanginya cukup sederhana yaitu dengan meminum teh peppermint setelah mengunyah pemen karet. Hal ini dapat menekan pertumbuhan bakteri di usus.

2. “Ngorok” (Mendengkur) dengan mulut yang terbuka.

Banyak diantara kita yang tidak sadar dengan kebiasaan ngorok atau mendengkur saat tidur. Hal ini secara tidak kita sadari akan menimbulkan (menyebabkan) aroma kurang sedap pada mulut kita saat siang hari. Hal ini disebabkan ngorok dengan mulut terbuka akan membuat mulut/ rongga mulut kita kering, dan memicu peningkatan bakteri dan sel-sel mati dalam rongga mulut kita.

Cara mengatasi adalah dengan berkumur dengan air lemon setelah menyikat gigi. Atau dengan cairan kumur yang banyak beredar dipasaran.

3. Baju olahraga yang ketat.

Untuk baju olahraga yang terlalu ketat tergantung bahan baju yang kita pilih. Bahan yang berbahan sintetis seperti spandex, menurut beberapa pakar dalam fashion akan menahan keringat berlebih saat kita berolahraga dan tidak menyerapnya, hal inilah yang menimbulkan bau pada badan kita.

Cara mengatasinya tentu dengan menghindari bahan spandex tersebut, dan menggantinya dengan bahan lain yang dapat menyeerap keringat seperi katun. Bukan dengan menghindari olahraganya.

4. Keringkan badan dengan handuk setelah mandi/ berkeringat.

Membiasakan diri mengeringkan dengan handuk sehabis mandi merupakan kebiasaan yang sangat baik. Hal ini dapat sedikit membantu menghalau bau/ aroma tubuh yang kurang enak. Yang perlu diperhatikan adalah lekukan-lekukan/ lipatan tubuh kita seperti ketiak, karena kelembabannya dapat menimbulkan aroma kurang sedap bagi tubuh kita.

5. Gunakan deodorant dengan antiperspirant.

Deodorant tanpa antiperspirant hanya akan menutupi bau badan untuk sebentar saja, sehingga dalam jangka waktu tertentu aroma kurang sedap dari tubuh kita (ketiak) akan datang kembali. Sedangkan deodorant dengan antiperspirant akan dapat menekan produksi keringat yang berlebih dan mengurangi kelembaban di ketiak kita. Saat ini banyak sekali deodorant yang menawarkan variasi produk untuk menangkal bau badan kita, tinggal kita sebagai konsumen yang harus jeli memilih produk mana yang terbaik. (dari berbagai sumber).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s