1 Comment

Dampak Game Online

Mungkin pada zaman sekarang, yang namanya game online itu merupakan sesuatu yang lumrah atau boleh di bilang sesuatu yang biasa adanya, karena perkembangan dunia teknologi yang kian pesat dan kian maju menuntut kita untuk turut serta dan mau tidak mau kita juga harus mengikuti perkembangan dari teknologi itu sendiri.

Begitu juga dengan perkembangan dunia game, jika dibandingkan dengan game-game pada zaman dulu, game-game sekarang lebih banyak variasinya dan cara memainkannya pun beragam, ada yang masih menggunakan game consol atau bahkan yang sekarang lebih di kenal para pemuda khususnya kaum pelajar yaitu game online.

Dimana dengan game ini kita tidak hanya dapat bermain dengan dua pemain saja, tapi juga kita dapat bermain dengan puluhan bahkan ratusan orang yang biasa ikut bermain dalam game tersebut, dan cara memainkannya pun juga tidak sulit.

Dampak Positif dan Negatif Game Online

Maraknya beredar game online di Indonesia membuat fenomena baru di kalangan penggemar game. Dari yang hidupnya kacau hingga anak sekolah atau kuliah yang tidak lulus. Bermain game memang mempunyai dua sisi, negatif dan positif. Dari segi positif bisa melatih pola berpikir, reflek, dan mungkin juga dijadikan ajang untuk mendapatkan uang dengan mengikuti pertandingan atau menjual item dan karakter di game.

Tapi apa akibatnya kalau bermain game berlebihan? Yang pasti efeknya bisa sangat fatal. Mulai dari kehidupan nyata yang kacau, tidak lulus sekolah (kuliah) bagi yang masih berstatus pelajar atau mahasiswa ataupun hal-hal lainnya seperti  kejahatan-kejahatan karena kehabisan uang untuk bisa bermain game online.
Tips Mengurangi Dampak Negatif Game Online
 

  • Batasi waktu bermain game online
  • Hindari bermain game yang tiada akhir dan butuh waktu lama
  • Hindari game-game sulit yang memancing emosi
  • Mainkan game yang mengasah otak/ menghibur
  • Jangan hambur-hamburkan uang hanya untuk bermain game
  • Jangan melupakan kesehatan hanya karna sedang asik bermain game

Cara Mengurangi Kecanduan Game Online

Unsur paling penting jika ingin lepas dari kecanduan bermain game online adalah niat, kebulatan tekad dan kontrol diri untuk dapat terlepas dari kecanduan game online dan kembali menata kehidupan yang terganggu akibat kecanduan itu.

Setelah ada niat, kita pun perlu mengakui bahwa kita tidak berdaya melawan keinginan untuk bermain dan mengakui bahwa hidup kita jadi tidak terarah dan tidak teratur akibat bermain game online.

Berdoalah, minta pertolongan dan kekuatan kepada Tuhan untuk dapat lepas dari kecanduan game online. Lalu kita juga dapat bertanya ke keluarga atau teman dekat untuk membantu kita melengkapi daftar itu.(dni/cnj).

·
About these ads

One comment on “Dampak Game Online

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 1,363 other followers

%d bloggers like this: