Leave a comment

Ukuran Keimanan

Murtadz, Kafir, Antek-antek Yahudi  & Amerika. Kata itu menjadi kata yang bagi sebagian orang menjadi senjata untuk menjatuhkan atau ‘menghina’ orang lain. Saya merasa saat ini banyak sekali orang yang sudah kalaf, lose control dan merasa dirinya paling benar sedunia.

Bagi saya secara pribadi ukuran keimanan seseorang itu tidak bisa dinilai dari namanya yang berbahasa arab atau diambil dari kitab suci, bukan dari kefasihannya berbicara agama, bukan dari kesehariannya yang selalu memakai peci, dan bukan pula dari titel duniawi, seperti Ustadz, Kyai, Ajengan, atau Syekh.

Manusia, tidak berhak menyatakan seseorang tidak beriman  hanya karena memiliki teman dari agama lain, tidak pula berhak menyatakan antek-antek Yahudi ketika seseorang memiliki kedekatan dengan yang mereka nyatakan sebagai Yahudi.

Sungguh sangat naif menyatakan orang lain tidak beriman, saya meyakini tidak ada satu orang pun yang bisa mengetahui kadar keimanan seseorang.

Hal ini karena hanya Tuhan, Allah SWT sajalah yang bisa menyelami dan mengetahui kekuatan. ketebalan dan kadar keimanan mahluk-Nya. Kebanyakan manusia hanya menilai dari luar saja, hanya melihat dari cara berpakaian, dari titel duniawi bahkan hanya karena tidak sepaham dalam mengartikan atau mengimplementasikan sebuah ajaran dengan lantang mereka berkata “Murtadz”.

Bukankah Rasulullah mengajarkan toleransi, mengajarkan saling menghormati, menghormati perbedaan.

Seseorang tidak berhak menghakimi keimanan orang lain, kecuali orang tersebut telah benar-benar meninggalkan dan mengabaikan atau menistakan ajaran agama yang sesungguhnya.

Jika hal itu pun terjadi, rasanya kita pun tidak berhak menghakimi mereka. Masih ada yang lebih berwenang menanganinya.

Dinginkan kepala kita sejenak, jangan pernah menilai sesuatu hanya dari kulit luarnya saja. Mari belajar santun, saling menghormati dan saling menghargai.  Nyatakan ketidak sepahaman dengan cara-cara yang baik dan santun. Bukan lewat kata-kata kasar, bukan pula dengan menghakimi orang lain dengan kata-kata kotor dan tak layak.(dni/cnj).

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 1,336 other followers

%d bloggers like this: