3 Comments

Gelar Pahlawan Itu….

Desas desus pemberian gelar “Pahlawan” kepada KH. Abdurrahman Wahid terus bergulir, dari hari kehari isu dan pemberitaan tentang hal ini kian muncul ke permukaan. Selain KH. Abdurrahman Wahid yang saat ini kembali muncul untuk mendapatkan gelar ‘Pahlawan’ adalah mantan Presiden Soeharto.

Lalu layakkah KH. Abdurrahman Wahid dan Soeharto mendapat gelar “Pahlawan”???

Alm. KH. Abdurrahman Wahid (Gus Dur)

Dengan makin kencangnya hembusan permintaan pemberian gelar kepada KH. Abdurrahman Wahid (Gus Dur) Presiden telah menyetujui namun dia tidak berhak memutuskan hal ini. Sebab sesuai Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2009 tentang Pemberian Gelar, Tanda Jasa, dan Tanda Kehormatan, disebutkan tugas dewan adalah meneliti, membahas, dan memverifikasi usulan, serta memberikan pertimbangan kepada Presiden mengenai pemberian gelar. Dengan demikian presiden masih akan menunggu pertimbangan dari dewan gelar yang akan dibentuk.

Untuk dewan gelar anggotanya akan ada 7 orang, terdiri dari : akademisi 2 orang, 2 orang dari militer (latar belakang), dan 3 orang dari tokoh yang mempunyai gelar setara serta memiliki relevansi dengan gelar yang akan diberikan.

Banyak kalangan menilai Gus Dur sangat layak untuk mendapatkan gelar tersebut, karena mereka menganggapa Gus Dur telah banyak berjasa bagi Bangsa dan Negara. Selain disebut sebagai Bapak Pluralis Gus Dur juga disebut sebagai Bapak Tiong Hoa Indonesia.

Berbeda halnya dengan pemberian gelar “Pahlawan” kepada Soeharto, sampai saat ini banyak kalangan yang enggan berkomentar dan memberikan pendapatnya. Hanya partai Golkar yang vokal memberikan usulan pemberian gelar tersebut.

Bagi kita sekarang, rasanya tidak perlu berpolemik atau terlalu memikirkan tentang layak tidaknya gelar tersebut diberikan atau didapatkan seseorang. Karena selain sudah ada dewan gelar yang memikirkannya dan membahasnya juga karena  “Pahlawan” yang sesungguhnya bukanlah pahlawan dengan gelar pahlawan, namun pahlawan adalah orang benar-benar ‘hidup’ meskipun sebenarnya ia telah mati.(dni/cnj).

About these ads

3 comments on “Gelar Pahlawan Itu….

  1. yaudah deh kasih aja, gitu aja koq repot … beliau lebih baik sepertinya dari Pak Harto, yg penting gak korupsi

  2. Pahlawan tu bukan gelar….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 1,341 other followers

%d bloggers like this: