1 Comment

Mewaspadai Dampak Negatif Internet Bagi Anak

Kemajuan teknologi informasi dan komunikasi yang sangat pesat dan dinamis tentunya patut sambut dengan suka cita, karena dengan kemajuan-kemajuan tersebut banyak hal-hal yang awalnya tidak mungkin untuk dilakukan semua menjadi mungkin dan bisa jadi nyata. Salah satu teknologi informasi dan komunikasi yang palin akran dengan kehidupan kita sehari-hari adalah telepon selular dan komputer baik desktop/ PC maupun Laptop/ komputer jinjing.

Nah, kedua piranti sarat teknologi tersebut saat ini sudah hampir menjadi kebutuhan pokok bagi sebagian orang, ada yang bilang ‘ga bisa hidup tanpa HP’. Ini merupakan salah satu bukti nyata bahwa teknologi bisa menyebabkan kecanduan bahkan cenderung addicted. Dengan banyaknya orang yang melek teknologi dan merupakan tuntutan zaman, saat ini semakin banyak orang yang mulai mencoba berkenalan dengan yang bernama “Internet”.

Internet saat ini sudah mulai akrab dengan kehidupan kita sehari-hari, untuk mengakses internet saat ini tidak terlalu sulit bahkan melalui media ponsel pun kita sudah bisa mengakses internet. Lalu bagi anda yang sudah memiliki anak bagaimana cara mengakali supaya anak anda tidak kecanduan internet? Atau agar anak anda tidak terjerumus kedalam pergaulan dunia maya yang sangat mengerikan?

Ciri-ciri Kecanduan Internet

Ciri-ciri seorang anak yang sudah kecanduan Internet umumnya adalah akan marah bila Anda membatasi untuk menggunakan Internet. Ini karena sifat addicted dari internet tersebut.

Selain itu anak yang sudah kecanduan internet memiliki kecendrungan tertutup dan membatasi pertemanan/ pergaulan, mereka pun cenderung memiliki keengganan untuk berkomunikasi dengan orang disekitarnya.

Menanggulangi Dampak Negatif Internet

  1. Miliki pengetahuan yang mumpuni tentang internet, dengan cara terus belajar. Ingat tidak ada kata terlambat untuk belajar, jangan sampai anda sama sekali tidak memiliki pengeahuan tentang hal ini, jangan malu untuk bertanya. Anak kita bisa saja membiarkan kita (orang tua) agar tidak memiliki pengetahuan tentang internet dengan tujuan agar kita (orang tua) beranggapan tidak ada hal negatif dari internet tersebut.
  2. Membatasi penggunaan internet, pembatasan disini bisa dari durasi penggunaan maupun pemblokiran untuk key word maupun situs-situs tertentu.
  3. Letakan komputer ditempat yang dapat dengan mudah kita lihat, bisa menghadap ke pintu masuk, menghadap cermin atau ditempat-tempat lain yang gampang untuk kita awasi.
  4. Berikan arahan dan pemahaman, ini penting karena orang tua tidak mungkin bisa mengawasi anaknya selama 24 jam penuh. Dengan diberikan arahan dan pemahaman diharapkan anak dapat membuat keputusan sendiri yang tepat tentang mana yang boleh dan mana yang tidak boleh.
  5. Menjalin komunikasi yang baik dengan anak, lagi-lagi komunikasi merupakan hal terpenting dalam setiap hal. Dengan komunikasi yang lancar paling tidak kita bisa mendengarkan keluhan, cerita atau curhatan anak kita tentang apa yang sudah dilakukannya hari ini.

Semoga kita kelak bisa menjadi orang tua yang bijak dan bisa membimbing dan mengarahkan anak kita ke arah yang positif. Karena pada dasarnya semua hal tergantung dari user-nya, jika user-nya menggunakan untuk hal negatif tentu semua bisa menjadi negatif begitu juga sebaliknya. (dari berbagai sumber).

About these ads

One comment on “Mewaspadai Dampak Negatif Internet Bagi Anak

  1. saya setuju dengan pendapat anda!!!
    memenag yang sangat berperan penting pada anak2 itu ya orang tuanya…
    tapi saya tidak setuju kalao oarang tua memberikan fasilitas internet pada anak2 dibawa umur…
    hal ini disebabkan karena pada umum nya anak2 dibawah umur belum bisa memilah-milah informasi yang ditemuinya…

    jadi, saya sangat berharap agar orang tua lebih memperhatikan perkembangan anaknya tampa memberikan layanan internet, setuju gak ???
    satu hal lagi yang sangat terpenting adalah jangan pernah terlalu percaya kepada putra-putri anda !!!
    soalnya anak2 jaman sekarang hobinya suka boonk!!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 1,363 other followers

%d bloggers like this: